Selasa, 01 November 2011

Gua Garam Sembuhkan Masalah Pernapasan


Mendatangi gua garam bisa jadi alternatif menyembuhkan flu dan penyakit gangguan pernapasan lainnya. Menghirup partikel-partikel garam dalam gua garam dilaporkan bisa mengobati asma, batuk, sinus dan penyakit pernapasan lainnya.

The Salt Cave atau gua garam yang terdapat di Wandsworth, South London adalah gua buatan manusia yang seluruh ruangannya dilapisi oleh garam. Pengunjung yang datang ke ruangan itu bisa beristirahat dan bernapas dalam ruangan yang terbuat dari aerosol garam kering.

Garam sudah lama diketahui sebagai zat yang bisa membantu mengatasi gangguan pernapasan seperti asma, batuk, sinusitis, demam dan juga penyakit kulit seperti eksim dan psoriaris. Terapi garam atau dikenal dengan Halotherapy memiliki sejarah yang panjang karena dikenal sebagai anti bakteri dan anti inflamasi.

Beberapa tempat seperti di Jerman dan Eropa timur sudah memanfaatkan garam sebagai bahan alami untuk membuat gua garam yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit gangguan pernapasan hanya dengan menghirup udaranya.

Gua garam atau ruangan garam dibuat dengan menggunakan mesin yang bisa memproduksi dan mengatur pengeluaran partikel-partikel garam. Partikel garam yang digunakan sebagai bahan terapi tersebut sangatlah kecil, tidak bisa dilihat oleh mata telanjang dan tidak akan terasa saat memasuki gua garam tersebut.

Perbedaan antara udara di luar dengan udara di dalam ruangan tidak akan terasa. Selama satu jam berada di ruangan putih tersebut, pengunjung bisa melakukan aktivitas apa saja mulai dari membaca buku hingga duduk-duduk santai.

Orangtua yang membawa anaknya mengunjungi gua garam tersebut juga bisa terbantu dengan adanya fasilitas bermain untuk anak sehingga mereka bisa menikmati terapi tanpa terganggu si anak. Bagi yang memiliki penyakit asma, kemampuan bernapas akan lebih baik jika rutin mengunjungi tempat tersebut.

"Saya melakukan tes pernapasan sebelum dan sesudah masuk gua garam dengan menggunakan alat flow meter. Dan ternyata setelah masuk gua garam kemampuan paru-paru saya meningkat sebanyak 100 liter per menit," ujar seorang pengunjung yang merupakan penderita asma seperti dikutup dari Timesonline.

Pengunjung lainnya bahkan mengaku merasakan manfaat mengunjungi gua garam itu dalam jangka waktu panjang. Halotherapy merupakan pengobatan asal Yunani yang mengandalkan getaran resonansi dan udara murni garam yang bisa menyeimbangkan kembali energi di tubuh.

Menurut para peneliti, faktor penyembuh yang terdapat dalam garam adalah aerosol sodium klorida yang bekerja dengan membunuh bakteri dan jamur jahat pada saluran pernapasan serta mencegah proses peradangan.


0 komentar:

Posting Komentar