Selasa, 01 November 2011

Cyber bullying


Cyberbullying adalah perbuatan bullying melalui medium internet dan teknologi digital, misalnya ponsel, SMS, MMS, email, Instant Messenger, website, situs jejaring sosial, blog, dan online forum.

Tujuannya adalah untuk mengganggu, mengancam, mempermalukan, menghina, mengucilkan secara sosial, atau merusak reputasi orang lain.

Karakteristik CyberBullying

  • Materi cyberbullying (Tulisan, photo. video) dapat di-distribusikan secara worldwide dan seringkali tidak bisa dihilangkan.
  • Pelaku bullying biasanya bersifat anonim, menggunakan nama lain atau berpura-pura sebagai orang lain.
  • Kejadiannya bisa kapan saja dan dimana saja.

Perilaku Cyberbullying

Flame War
Dapat terjadi di milis atau online forum, berupa perdebatan yang tidak esensial atau penyanggahan tanpa dasar yang kuat dengan menggunakan bahasa kasar dan menghina.

Gangguan (Harassment)
Berulang kali posting diforum atau mengirimkan pesan tidak pantas melalui email. Mengirim spam e-mail degan jumlah belasan hingga ratusan email per-hari.

Pencelaan
Menyebarluaskan gossip (benar atau tidak) tentang seseorang dengan tujuan untuk mencela dan merusak reputasi seseorang. Misalnya, Secara online menyebarluaskan rahasia, informasi atau photo pribadi yang membuat seseorang menjadi malu.

Impersonation
Berpura-pura menjadi orang lain dan mengirimkan pesan yang bertujuan agar orang lain tersebut mendapat masalah atau merusak persahabatan dan reputasinya.

Misalnya, A mencuri password B. Kemudian dengan menggunakan password curian tersebut, A mengirimkan e-mail seolah-olah dari B berisi pernyataan yang menyakiti teman B sehingga persahabatan B dengan temannya menjadi rusak.

Tipu Daya
Berpura-pura menjadi teman anda dan banyak bertanya sehingga tanpa sadar anda berbagi informasi yang sangat pribadi. Pelaku bullying kemudian meneruskan informasi yang sangat pribadi tersebut kepada banyak orang secara online dengan menambahkan komentar, bahwa anda seorang pecundang.

Pengucilan Secara Sosial
Dengan sengaja Memboikot, mengabaikan, mengasingkan atau mengucilkan seseorang dari suatu online group.

Kenapa Orang Melakukan CyberBullying?

Motivasi sesorang melakukan cyberbully diantaranya adalah:

  • Marah, sakit hati, balas dendam atau karena frustasi.
  • Haus Kekuasaan dengan menonjolkan ego dan menyakiti orang lain.
  • Merasa bosan dan memiliki kepandaian melakukan hacking.
  • Untuk hiburan, mentertawakan atau mendapatkan reaksi.
  • Ketidaksengajaan, misalnya berupa reaksi/komentar impulsif dan emosional.

Upaya Preventif

Cara terbaik menghadapi dan mengurangi resiko cyberbullying adalah dengan upaya pencegahan dari sejak awal. Sadarilah bahwa kehadiran online (punya alamat email, online profile, posting di milis atau forum, menulis di blog atau website) pada dasarnya seperti kita berada ditempat umum.

Dengan kata lain, kita harus pandai-pandai menjaga diri dalam citra diri dan citra yang berkaitan dengan kita (misalnya sebagai orang indonesia), keamanan data pribadi yang bersifat sensitif, dan memperhatikan azas manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Jagalah keamanan detail pribadi seperti nomor ponsel, alamat email, password, nomor pin, nama, alamat rumah, nama sekolah, tempat kerja, nama keluarga atau nama teman. Informasi tersebut bisa digunakan orang yang tidak bertanggung jawab di internet. Jangan memberitahukan password kepada teman anda, dia mungkin saja memberitahukannya kepada orang lain.

Hindari menuliskan nomor ponsel, password, alamat email di selembar kertas, karena kalau hilang, orang lain jadi mengetahui.

Jka anda menggunakan komputer umum diwarnet, sekolahan, atau diperpustakaan, jangan lupa log out dan meng-clear browsing history sebelum pergi.

sumber : http://bigloveadagio.wordpress.com/2010/01/04/cyberbullying/

0 komentar:

Posting Komentar