Jumat, 14 Oktober 2011

Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) PT. ASTRA HONDA MOTOR


Dalam dunia bisnis setiap perusahaan semestinya memiliki perencanaan sumber daya manusia (SDM). Karena dalam dunia bisnis hal yang dilakukan sesuai dengan perncanaan, maka hasilnya akan baik.

Tujuan Perencanaan SDM

Adapun tujuan dari adanya perencanaan sumber daya manusia (SDM) dan program bisnis pada semua perusahaan secara ideal bertujuan untuk mempertahankan dan mengembngkan eksistensinya. Secara operasional dan konkrit di bidang bisnis sebuah perusahaan adalah untuk meraih laba secara berkelanjutan. Oleh karena itu perencanaan SDM harus mampu menetapkan keputusan mengenai jumlah dan kualifikasi SDM yang memiliki kemampuan untuk mencapai tujuan perusahaan. Dari keterangan di atas maka disimpulkan bahwa tujuan dari perencanaan SDM yaitu harus terarah pada pengadaan dan mempertahankan SDM yang memiliki kemampuan melaksanakan tugas-tugas (pekerjaan) secara efektif dan efisien dalam bidang bisnis perusahaan yang mempekerjakannya.

Manfaat Perencanaan SDM

Dengan menjalankan tujuan perencanaan SDM di perusahaan, terdapat beberapa manfaatnya jika pelaksanaannya berlangsung secara obyektif. Beberapa manfaat Perencanaan SDM sbb:

1. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pendayagunaan SDM.

2. Menyelaraskan aktivitas SDM sesuai potensinya masing-masing dengan tugas-tugas yang hasilnya akan berpengaruh pada peningkatan efisiensi dan efektivitas perusahaan.

3. Meningkatkan kecermatan dan penghematan biaya dan tenaga dalam melaksanakan rekrutmen dan seleksi.

Keuntungan Perencanaan SDM

Di samping memiliki tujuan dan manfaat, pelaksanaan Perencanaan SDM juga dapat menguntungkan bagi perusahaan. Keuntungan yang didapat, sbb:

1. Dengan melaksanakan Perencanaan SDM, rekrutmen dan seleksi yang akan menghasilkan SDM yang potensial.

2. Perencanaan SDM dalam menetapkan kualifikasi SDM akan menghadirkan sejumlah SDM yang berkualitas tinggi dalam melaksanakan kegiatan bisnis.

3. Perencanaan SDM mendorong partisipasi tenaga profesional dalam proses produksi.

Penerapan Perencanaan SDM PT. ASTRA HONDA MOTOR

PT. Astra Honda Motor adalah perusahaan manufakturing dan distribusi sepeda motor terbesar di Indonesia. Visi PT. Astra Honda Motor selalu berupaya untuk menyediakan solusi mobilitas terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen dengan sistem manajemen kelas dunia.

Dengan tujuan tu PT. Astra Honda Motor membutuhkan sumber daya manusia terbaik yang kreatif, inovatif, kompetitif. Dalam mengelola SDM, PT. Astra Honda Motor memiliki sistem manajemen pengelolaan SDM yang profesional dengan prinsip Internally Fair dan Externally Competitive disertai dengan pengembangan SDM melalui program-program pelatihan dan jenjang karier yang jelas dengan berkembangnya bisnis sepeda motor yang meningkat. Setiap karywan di PT. Astra Honda Motor dihargai sesuai dengan prestasi dan potensi.

0 komentar:

Posting Komentar